Monday, May 9, 2011

Adab Menguap !!

Rasulullah SAW bersabda, “ bersin itu dari Allah dan menguap itu dari syaitan.” Jika salah seorang kalian menguap maka tutuplah mulut dengan tangannya dan jika mengatakan ‘aaaah..’ maka syaitan tertawa didalam perutnya. Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguapa.”. (HR. At-Tirmidzi dan ia menshahihkannya  serta dissetujui oleh Adz-Dzahabi, Khuzaimmah, Ibn Sunni dalam ‘Amalul yaum wal Lailah dari Abu Hurairah. Hadits ini terdapat didalam “kitab shahihul jaami’)



Apabila seseorang akan menguap maka ia harus memerhatikan bebrapa adab berikut:
1.  Berupaya semampunya menahan dan menolak menguap.
Seseorang harus berusaha menahan menguap, menolak dan mengalahkan kuapan, khususnya ketika sedang shalat. Rasulullah bersabda: “ Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam sholatnya maka hendaklah ia menahan kuapannya sebisa mungkin karena syaitan bisa masuk ” (HR. Muslim).

2.  Meletakkan tangan dimulut.
Tujuan meletakkan tangan dimulut ketika menguap ialah agar mulut tidak terbuka, dan pada saat manusia terlihat buruk maka pada saat itu juga syaitan datang menertawakannya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang tercantum diatas.

3.  Tidak mengeluarkan ‘aaaahh..’ atau ‘waaaaahh…’
sebagaiman yang telah tercantum pada hadits diatas. Sebab syaitan sedang menertawakannya jika ia mengeluarkan suara seperti itu.

No comments:

Post a Comment

Followers