Saturday, May 7, 2011

Hubungan Sholat dengan Otak Kita

Rasulullah SAW bersabda : " Barang siapa menghadap Allah (meninggal dunia), sedangkan ia bisa melalaikan sholatnya, maka Allah tidak memperdulikan sedikitpun perbuatan baiknya (yang telah ia kerjakan tsb)" (HR.Tabrani)

Sholat adalah bentuk amalan fisik yang digabungkan dengan amalan bathin manusia. Sholat merupakan ibadah yang menjadi pondasi dalam islam. Rasulullah Bersabda: Sholat adalah tiang agama. Gerakan-gerakan yang kita lakukan dalam sholat memiliki banyak arti dan manfaat bagi kita.

Seorang Dokter Neurologi di Amerika bernama DR. Fidelma mengadakan beberapa penyelidikan tentang sholat. beliau menemukan hal-hal menakjubkan yang tidak dapat ditangkap dengan akal manusia didalam penyelidikan itu sehingga beliau sangat kagum dengan temuannya itu. setelah menemukan itu beliau langsung memeluk agama islam. setelah memeluk agama islam ia sangat yakin dengan pengobatan islam dan oleh sebab itu beliau telah membuka sebuah klinik yang bernama " Pengobatan melalui Al-Qur'an". kajian pengobatan melalui Al-Qur'an menggunakan obat-obatan sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. diantaranya ialah berpuasa, madu, biji hitam (jadam) dan sebagainya. Firman Allah: Dan kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi  orang-orang yang beriman (QS. Al-Isra':82)

ketika ditanya bagaimna dia tertarik untuk memeluk islam, maka dokter tersebut memeberi tahu bahwa terdapat beberapa urat saraf didalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah. padahal setipa inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara lebih normal.

setelah membuat kajian yang memakan waktu akhirnya ia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf didalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembayang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti kadar shalat lima waktu yang diwajibkan oleh islam. subhanallah, begitulah keagungan Allah.

sujud ketika sholat juga berfungsi untuk memudahkan penyaluran aliran darah dari jantung ke otak. Otak merupakan salah satu organ vital yang banyak memerlukan darah. ibarat sebuah komputer , prosesornya adalah organ vitalnya. padahal kita tahu bahwa otak terletak dibagian paling atas. sedangkan jantung berada dibawah paru-paru. Tentu kerja jantung cukup berat untuk mengangkut darah kebagian atas tubuh manusia (otak). Artinya posisi yang dituju adalah melawan gravitasi. Itulah keistimewaan sujud dalam sholat.

Jadi, Barang siapa yang tidak menunaikan sholat maka otak tidak dapat menerima darah yang cukupuntuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian yang seperti itu adalah pesan Allah yang tersirat kepda hambanya. Karena sifat fitrah yang seperti itu memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini.


Sumber: National Geographic 2002 Road to Mecca

No comments:

Post a Comment

Followers