Tuesday, May 10, 2011

Menghalau Minder

Konon, katanya penyakit minder ini berawal dari konsep diri yang cenderung negatif. Maksudnya, dalam menilai atau memandang diri sendiri, kita cenderung melihat yang jelek-jelek. Dengan cara pandang yang seperti itu nggak heran kalau ada orang yang merasa dirinya kuper, nggak bisa apa-apa, dsb.



Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena terlalu minder, sehingga menghadirkan perasaan nggak bisa atau malu. Pola asuh orang tua dan pandangan lingkungan terhadap diri bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit minder.

Sebagai Seorang muslimah kita kudu berusaha untuk menghilangkan perasaan tersebut. Sebab jadi orang minderan itu banyak ruginya looohhh..!! Lalu bagaimana dong caranya menghalau minder ?
Kita kembalikan saja pada cara pandangan islam. Sebab hanya dengan berislam kita akan memiliki kemulyaan tiga derajat disisi Allah SWT, memandang manusia sama di mata Allah SWT. Yang membedakan cuma amal dan taqwanya. Jadi buat apa minder pada orang yang menjadikan ukuran materi sebagai tolak ukur. Masak sich hanya karena punya ortu miskin kita jadi malas bergaul?


Selanjutnya kita harus menyadari bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengapa kita hanya terpaku melihat kelemahan diri, sementara banyak kelebihan yang diberikan Allah yang belum kita syukuri.

Terakhir, asuhlah kemampuan diri. Tidak sedikit orang besar mengetahui bakatnya setelah dewasa. Dengan terus berbuat, berkarya, lama-lama kita akan mengetahui dan mengakui kelebihan dan kemampuan kita.
Nah, cobalah kiat-kiat diatas untuk menikis rasa minder...


No comments:

Post a Comment

Followers